MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

MIM Unggulan Kota Mengikuti Sosialisasi Antisipasi Kebakaran

Rabu, 10 Agustus 2022 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 178 Kali

Kota, (MIM) – Civitas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo, Kamis (04/08/2022) kemarin menerima sosialisasi simulasi penanganan pertama saat terjadi kebakaran oleh tim pemadam kebakaran Kota Gorontalo bertempat di lapangan MIM Unggulan Kota Gorontalo.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat membangun mental anak, dan kesigapan warga madrasah dalam menghadapi situasi bencana utamanya kebakaran agar dapat menyelematkan diri ke tempat yang aman dengan langkah-langkah yang sesuai prosedur jika terjadi kebakaran.

Tidak hanya guru yang begitu antusia mendengarkan penjelasan dari tim pemadam kebakaran, dengan pengawasan bapak ibu guru siswa-siswi dari kelas I-VI turut ikut menyaksikan simulasi penanganan kebakaran. Guru-guru bergantian mensimulasikan penanganan api dengan menggunakan karung, handuk basah dan juga tabung apar tersebut.

Salah satu tim pemadam kebarakan, Rifai menjelaskan bahwa jika terjadi kebakaran diusahakan tidak panik tapi ambilah benda yang dapat mematikan api seperti handuk yang dibasahkan.

“Tabung pemadam kebakaran atau yang biasa disebut Apar harus diletakkan di dinding 75 cm agar dekat dengan lantai sehingga tetap terjaga kelembapan jangan sampai media dalam tabung menggumpal. Namun, selain apar ini ada beberapa alat yang bisa mengatasi api seperti handuk dibasahkan lebih dulu dan juga karung goni. Tapi, biasanya beberapa alat ini hanya untuk api yang tidak terlalu besar,” jelas Rifai.

Sementara itu salah satu guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo Fatmawati Puluhulawa mengungkapkan sosialisasi ini cukup penting untuk dilakukan atau di praktekan langsung karena bencana kapan saja terjadi.

“Simulasi seperti ini sangat penting apalagi bagi kita ibu-ibu yang biasa sering di dapur, setidaknya tidak panik dan dapat langsung memikirkan cara memadamkan api dengan tepat seperti yang di simulasikan tadi. Insya Allah kita semua dapat terhindar dari segala sesuatu bencana apalagi kebakaran serta selalu dalam lindungan Allah SWT,” harap salah satu guru MIM Unggulan yang sering disapa Ade itu. (Rasni/Ayiz)

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL