MIM UNGGULAN KOTA GORONTALO

Jalan HB Jassin No.22

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

MIM Unggulan Kota Mengadakan Seminar Parenting

Selasa, 28 Juni 2022 ~ Oleh Arthent Tilome ~ Dilihat 221 Kali

Kota, (MIM) – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo menggelar Seminar Parenting yang diikuti oleh seluruh staff dewan guru dan tata usaha.

Seminar yang mengusung tema, “Deteksi Dini dan Penanganan Anak Bermasalah Di Sekolah” menghadirkan pemateri pada seminar parenting oleh Sri Wahyuningsi M. Polinggapo, bertempat di Aula Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Unggulan Kota Gorontalo, Kamis (23/06/2022) kemarin.

Seminar parenting ini digelar guna memberi wawasan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam menangani segala permasalahan yang dihadapi didalam kelas baik pada anak didik yang memiliki kebutuhan khusus maupun normal.

Dalam seminar Sri Wahyuningsi selaku pemateri menjelaskan bahwa pada usia 2-3 tahun adalah masa emas anak-anak yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua karena pada fase ini anak berkembang begitu pesat.

“Masa usia 2 tahun pertama anak itu menyerap informasi apapun yang dia dapat dia terima. Untuk itu, di usia 2-5 tahun anak membutuhkan banyak stimulus. Pada anak ada 4 bagian yaitu fisik, emosi, kognitif dan sosial yang jika tidak mendapat stimulus yang tepat maka akan menjadi kendala saat dia menginjak bangku sekolah dasar,” terangnya.

“Namun, memang saat ini banyak orang tua yang lebih sibuk dengan pekerjaan sehingga tanpa disadari anaknya ada masalah yang memang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anak yang bermasalah ada beberapa pemicunya diantaranya screen time, masalah dari rumah, di sekolah, psikologis dan fisik, “ jelasnya lagi.

Lanjut Sri Wahyuningsi menjelaskan bahwa guru-guru perlu untuk melakukan asesmen diawal untuk mendeteksi masalah yang dihadapi oleh peserta didik.

“Untuk menghadapi siswa yang bermasalah yang pertama dilakukan adalah menganalisis lebih dulu titik masalahnya kemudian melakukan kerja sama dengan orang tua, sehingga dapat mendeskripsikan langkah apa yang selanjutnya untuk diambil jika masalah itu berat maka perlu ditangani oleh psikolog anak. Karena sesungguhnya tidak ada anak yang nakal hanya belum mengetahui cara yang tepat untuk meluapkan emosinya,” ungkap Sri.

Sementara itu Kepala mMIM Unggulan Kota Yusnawati Abdullah yang juga ikut membersamai dalam seminar, menyampaikan harapannya. Semoga bapak ibu guru dapat mengaplikasikan prosedur dalam menangani siswa yang bermasalah.

“Materi ini sangat penting untuk kita semua baik sebagai guru maupun orang tua, semoga materi yang telah didapatkan ini dapat diaplikasikan dan menjadikannya sebagai referensi dalam menangani setiap anak, baik yang bermasalah maupun yang tidak,” tandas Yusnawati. (Rasni/Ayiz)

  1. TULISAN TERKAIT
...

Yusnawati Abdullah, S.Pd,.M.Pd

Assalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahirabbilalamiin, puji syukur kami haturkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apa yang harus diperbaiki disekolah ini...?

LIHAT HASIL